Section categories

Hardware [4]
Software [2]
Anti Virus [4]
Handphone [1]
PDA [0]
Laptop (Notebook) [0]
Tips n' Trik [13]
Add-Ons [1]
Computer Science [4]
Pengetahuan [10]
Umum [11]

Your IP

3.19.27.178


Total online: 1
Guests: 1
Users: 0


1

0

 
200






videokeman mp3

Media Online

Main » 2010 » November » 30 » Pembajak Software Mau Ngumpet Di Mana?
8:31 PM
Pembajak Software Mau Ngumpet Di Mana?
Penuntutan dan penegakan hukum terkait pembajakan software sudah merambah kota-kota di luar pulau Jawa.

Hal itu diungkapkan oleh Donny A. Sheyoputra (Kepala Perwakilan BSA Indonesia) di Jakarta, kemarin (29/11). Kalau tahun lalu sebagian besar kasus pembajakan software masih didominasi pelaku yang berdomisili di Jawa. Tahun ini, ungkap Donny, aparat hukum di luar Jawa juga mulai disibukkan dengan berbagai perkara software bajakan.

Donny menyebutkan, antara lain, proses penuntutan terhadap pembajak software di Jambi dan Bontang. Beberapa kasus bahkan sudah dilimpahkan ke pengadilan negeri maupun pengadilan tinggi setempat.

Perkembangan lain yang disampaikan BSA Indonesia adalah penegakan hukum dalam kasus pembajakan software tidak lagi hanya dilakukan oleh aparat setingkat Kepolisian Daerah. Kasus pembajakan software Adobe oleh sebuah perusahaan percetakan di Surabaya, misalnya, dilimpahkan oleh jajaran aparat Polrestabes ke Kejaksaan Negeri Surabaya.

Diakui Donny, setelah kampanye nasional bertajuk "Berantas Software Bajakan untuk Indonesia yang Lebih Baik” diluncurkan Oktober lalu, proses penegakan hukum terhadap pengganda, pengedar, dan pengguna software bajakan semakin kencang gaungnya.

Kabar ini tentu akan menyenangkan bagi industri software, lokal maupun multinasional. Pasalnya nilai nominal kerugian akibat merajalelanya software piracy di Indonesia mencapai US$ 866 juta tahun lalu. Tahun ini, jelas Donny, bisa menembus angka US$ 1 milyar.

Padahal jika tingkat pembajakan bisa ditekan 10 persen saja, selama 4 tahun, sektor perekonomian Indonesia akan mengalami berbagai kemajuan. Misalnya, peningkatan GDP sampai US$ 2,4 milyar, ketersediaan lebih dari 1884 lapangan pekerjaan berkualifikasi high tech, dan pemasukan pajak sebesar US$ 124 juta. Prakiraan tersebut adalah hasil studi IDC yang bertajuk "Dampak Ekonomi dari Pengurangan Tingkat Pembajakan Software” dan diluncurkan bulan September lalu.

Sumber : http://www.infokomputer.com

Category: Umum | Views: 1222 | Added by: JMC | Tags: Pembajak, umum, Software | Rating: 4.7/12
Total comments: 2
2 Alina  
0
Mmm, now I am tkinhing of you as a Greek philosopher (being interested in natural philosophy, the theories and knowledge of truth), rather than a Roman/Islamic philosopher (focusing towards the practicality of natural philosophy, having things you can actually prove and show).I've been tkinhing that maybe it was a mistake for me to get into engineering, rather than get something relating to communications/linguistics in the arts and its rare for me to actually enjoy being beaten into a bloody, whimpering pulp, but I think something is still drawing me towards earning the Iron Ring maybe I can earn it AND do public speaking.Tally-ho, sir. Tally-ho!

1 effemoannough  
0
Ya, mungkin karena itu

Only registered users can add comments.
[ Registration | Login ]

Login Form


Archive


Rate my site
Total of answers: 149